Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Kemenkum Sulteng "Belajar" Agar Pelayanan Makin Top, Pengaduan Cepat Ditanggapi!

WhatsApp Image 2025 06 11 at 13.17.11 1

Palu – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkum Sulteng) mengikuti kegiatan Pembinaan dan Koordinasi Hukum, Komunikasi Publik, dan Kerja Sama yang digelar secara virtual oleh Biro Hukum, Komunikasi Publik, dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemenkum RI, pada Selasa, (11/05/2025).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi Publik, dan Kerja Sama, Ronald Luumbun, tersebut menyoroti pentingnya penguatan sistem layanan publik yang transparan serta mekanisme pengaduan yang mudah diakses, sebagai wujud dari pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan akuntabel.

Dalam sambutannya, ia menekankan bahwa koordinasi dan sinergi antarunit kerja di pusat maupun daerah sangat diperlukan untuk memastikan bahwa informasi hukum tersampaikan secara efektif dan masyarakat mendapatkan akses layanan pengaduan yang responsif terhadap kebutuhan mereka.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas komunikasi publik di lingkungan Kemenkumham. Kami ingin memastikan bahwa setiap unit pelaksana teknis memiliki pemahaman dan standar layanan pengaduan yang sama, serta mampu merespons isu dengan cepat, tepat, dan berbasis data," tegas Ronald di Aula Balai Pendidikan Pelatihan Sulawesi Utara.

WhatsApp Image 2025 06 11 at 13.17.12

Kepala Kanwil Kemenkum Sulteng, Rakhmat Renaldy, yang menyaksikan secara daring, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, koordinasi semacam ini menjadi sangat penting dalam mendorong terwujudnya pelayanan hukum yang ramah, profesional, dan akuntabel di daerah.

“Layanan pengaduan merupakan pintu masuk dalam mengukur kepercayaan publik terhadap kinerja kita. Oleh karena itu, sistem pengelolaan pengaduan harus dijalankan secara serius, terstruktur, dan konsisten. Komunikasi publik juga perlu ditata dengan pendekatan yang lebih humanis dan partisipatif agar lebih diterima oleh masyarakat,” ungkap Rakhmat Renaldy.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Kanwil Kemenkum Sulteng berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas SDM kehumasan dan pengelola pengaduan agar mampu menghadirkan pelayanan yang tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Kegiatan ini juga menghadirkan pemaparan teknis dari para narasumber Biro Hukum dan Kehumasan terkait strategi penguatan kerja sama kelembagaan, optimalisasi kanal aduan, serta implementasi standar pelayanan informasi publik di era digital.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh jajaran Kemenkum, khususnya di tingkat wilayah, semakin siap menjawab tantangan pelayanan hukum di era keterbukaan informasi publik dan mampu menjadi penggerak utama dalam mendorong pelayanan yang berintegritas dan berbasis hak masyarakat.

WhatsApp Image 2025 06 11 at 13.17.111

HUMAS KEMENKUM SULTENG

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM
PROVINSI SULAWESI TENGAH
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Dewi Sartika No.23, Birobuli Selatan, Kec. Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94114
PikPng.com phone icon png 604605   +6285696327541
PikPng.com email png 581646   Email
    kanwilsulteng@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    humassulteng24@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI JAWA BARAT


facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Dewi Sartika No.23, Birobuli Selatan, Kec. Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94114
PikPng.com phone icon png 604605   +6285696327541
PikPng.com email png 581646   kanwilsulteng@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   humassulteng@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI